Kamis, 29 Januari 2009

COUPLE’S SKILLS

Menjalin hubungan dengan pasangan diibaratkan seperti menaiki rollercoaster. Ada kalanya naik dan ada kalanya turun serta terkadang berputar menimbulkan sensasi tersendiri dan seakan memompa adrenalin. Dan itu seperti siklus yang selalu berulang selama hubungan itu masih berlangsung. Banyak yang belum mengetahui bahwa perlu keterampilan khusus untuk dapat mempertahankan hubungan dengan pasangan.
Ada tiga keterampilan dasar yang harus dimiliki oleh setiap orang yang memiliki pasangan dalam hidupnya. Tiga keterampilan dasar ini berperan besar dalam menciptakan hubungan yang harmonis dan sehat dengan pasangan. Tiga keterampilan dasar itu adalah:
1. Keterampilan mendengarkan (listening skill)
Pasangan adalah tempat berbagi segala suka dan duka. Pasangan adalah tempat kita mengeluarkan segala gundah gulana di hati. Di saat pasangan sedang menumpahkan segala cerita yang telah dialami tentu yang diharapkan oleh pasangan adalah seseorang yang mau mendengarkan dengan sepenuh hati dan memberi perhatian serta minat pada apa yang tengah disampaikan. Dengan mendengarkan dengan seksama tanpa mengintervensi akan memberikan perasaan nyaman dan kepercayaan pun akan tumbuh di antara pasangan.
2. Keterampilan memberikan apresiasi
Apresiasi atau penghargaan bukanlah suatu hal yang sulit untuk dilakukan namun terkadang hal ini sering terlupakan. Memberi penghargaan tidak selalu harus berupa materi, ucapan selamat atau jabat tangan sederhana merupakan salah satu bentuk apresiasi yang sederhana namun mengena dan memberi dampak yang besar pada kualitas hubungan. Dengan terbiasa memberi apresiasi satu sama lain maka fungsi pasangan sebagai salah satu sumber dukungan dalam hidup akan bekerja dengan sendirinya.
3. Keterampilan memberi dan menerima umpan balik
Umpan balik merupakan salah satu hal penting yang diperlukan dalam kehidupan sehari-hari. Umpan balik dapat menjadi alat bantu kita untuk mengevaluasi kualitas hubungan yang selama ini kita jalani. Dalam memberi umpan balik yang sehat adalah umpan balik yang bersifat jujur, obyektif dan apa adanya. Hal ini mungkin akan terasa tidak nyaman ketika kita harus mengemukakan hal yang negatif tentang pasangan namun perasaan semacam ini hanya akan berlangsung sementara. Jika kita sudah mampu memberi umpan balik tidak hanya yang positif namun juga yang negatif mengindikasikan bahwa hubungan kita sudah menjadi lebih dekat dan lebih berkualitas.
Setelah mengetahui tiga keterampilan dasar yang harus dimiliki oleh pasangan ada baiknya kita melihat kembali apakah hal tersebut sudah ada pada diri kita atau pasangan kita. Jika sudah ada maka beruntunglah kita, yang perlu kita lakukan adalah mempertahankan dan mempraktekkan keterampilan-keterampilan ini dalam kehidupan sehari-hari demi menjaga keharmonisan hubungan dengan pasangan. Dan jika ternyata tiga keterampilan ini belum ada pada diri kita atau pasangan maka inilah saatnya untuk menumbuhkembangkan tiga keterampilan dasar ini bersama dengan pasangan .

29 January 2009
2:18 pm
-rf-

Tidak ada komentar: