Rabu, 28 Januari 2009

MENGUKUR TEMPERATUR HUBUNGAN

Menjalin hubungan istimewa dengan seseorang menimbulkan sensasi rasa yang sulit tuk dilukiskan dengan kata-kata. Ada yang bilang bahwa hal semacam ini menimbulkan reaksi kimia (chemistry) di antara dua orang. Ada juga yang mengatakan bahwa jantung berdetak lebih cepat kala menatap atau bahkan sekedar memikirkan tentang dirinya. Apapun itu, setiap orang memiliki definisinya masing-masing.
Seperti halnya suhu tubuh, kita perlu sesekali untuk mengetahui temparatur hubungan yang sedang kita jalani saat ini dengan si dia. Mengukur temperatur hubungan? Bagaimana caranya??? Memang terdengar aneh, tetapi seseorang yang ku hormati dan ku kagumi pernah memberitahuku tentang hal ini.
Ada lima hal yang bisa menjadi alat bagi kita untuk mengukur temperatur hubungan kita, yaitu:
1. Berbagi
Sejauh mana kita dengan pasangan dapat berbagi hal-hal yang kita miliki. Baik itu bentuknya materi atau cerita pengalaman hidup sehari-hari. Berbagi suka dan duka. Semakin kita bisa berbagi dengan pasangan dan sebaliknya maka semakin hangat temperatur hubungan kita.
2. Umpan balik (feedback)
Pasangan yang baik adalah pasangan yang dapat memberi umpan balik secara obyektif dan apa adanya. Menerima dan memberi umpan balik baik positif maupun negatif menjadi indikator sehat atau tidaknya suatu hubungan.
3. Apresiasi
Memberikan penghargaan bagi pasangan juga merupakan salah satu hal yang memperkuat hubungan. Baik itu berupa pujian sederhana atau pemberian barang tertentu yang bertujuan untuk memberikan penghargaan kepada pasangan atas prestasi yang berhasil diraihnya.
4. Melakukan hal yang disukai bersama
Setiap pasangan pastilah memiliki rutinitas sehari-hari yang berbeda antara satu dengan yang lainnya. Ketika kita bisa meluangkan waktu sejenak dan melakukan hal yang disukai bersama dengan pasangan maka ikatan yang kuat akan tercipta dengan sendirinya
5. Mimpi dan cita-cita
Seberapa jauh kita bisa membicarakan, merencanakan mimpi serta cita-cita yang kita miliki dengan pasangan menunjukkan seberapa “dalam” kualitas hubungan yang ada.
Kira-kira itulah lima hal yang dapat kita gunakan guna mengukur temperatur hubungan kita. Jika terjadi suatu masalah dengan pasangan, ada baiknya kita melihat kembali mana di antara lima hal tersebut yang mungkin luput dari perhatian kita. Semakin cepat kita menyadarinya maka akan semakin besar peluang bagi kita untuk memperbaiki dan mempertahankan hubungan kita dengan pasangan. Memang tidak mudah tetapi patut untuk dicoba .

Rabu, 28 January 2009
(2:42 pm)
rf

2 komentar:

Anonim mengatakan...

Iya teh....
Bener juga....
one of the most important thing ya komunikasi...
Tanpa itu...relationship jadi kerasa biasa aja.

Allah swt. Maha Adil teh...
Gw yg cerewet gini di kasih laki gw yg orangnya diem.Tipe cowo yg kalo ga diajak ngobrol ga bakal mo mulai duluan..

And gw bnr2 bersyukur akan itu teh..\(^.^)/

Btw,orang yg te2h maksud itu si ma2 bukan?


Ilona Maniez (^.^)v

fitri mengatakan...

Inna kholaqna fii qodar...

Segala sesuatu dah diciptain sesuai dengan kadarnya....

Orang itu bukan mama kok tapi mentor gw.