Sabtu, 17 Januari 2009

Akhirnya sampai juga.....


"SMAN 1 JAMBE" itu yang tertulis di map yang ku terima malam itu sepulang tugas di hari pertama. Nama yang asing dan terdengar lucu di telingaku. Sempat bertanya-tanya juga dalam hati dimanakah gerangan lokasi tersebut tapi ku pending saja lah pertanyaan itu karena aku ingin cepat-cepat naik ke lantai 2 ke kamar ku agar bisa beristirahat setelah sejak pukul 4 pagi aku berjibaku dengan tugas hari ini.

Sayup-sayup ku dengar ibu koordinator mengumumkan: "Besok jam 5 pagi sudah siap semua ya di bawah!!!" nada perintah itu cukup jelas terdengar di telingaku tapi aku tidak mau ambil pusing. Yang penting sekarang tubuhku butuh istirahat. Toh alarm sudah ku set agar berbunyi tepat pukul 4 jadi aku tidak terlalu khawatir kesiangan.

Alhamdulillah tepat pukul 5 aku sudah siap di bawah dengan sekotak kardus berukuran sedang yang berisi 80 buku tes, sekotak pensil berjumlah 144 batang, serta 2 map besar berisi Juklak serta Berita Acara. Aku berdiri di pinggir jalan menanti petugas dari sekolah yang katanya akan menjemputku. Pada saat itu hujan turun dengan derasnya. Rokku mulai basah terkena air hujan :-(

Tunggu punya tunggu hingga pukul 6 lewat petugas sekolah belum ada yang menjemputku. Akhirnya aku pun diikutsertakan dengan rombongan yang menuju ke SMAN 1 Balaraja. Ku pikir di sana sudah ada orang yang akan menjemputku. Hatiku tenang karena tes kemungkinan dapat berjalan sesuai dengan jadwal :-)

Ternyata dugaanku meleset. Sampai di sana ternyata aku digabungkan dengan beberapa teman yang bertugas di daerah Tigaraksa. Itu berarti masih 25 menit lagi perjalanan yang harus ku tempuh. Wekz....tanganku mulai lelah menahan beban bawaan....

Sampai di Tigaraksa barulah ada petugas sekolah yang menjemputku. Lalu setelah berkenalan aku pun bertanya padanya: "Pak, jarak dari sini ke sekolah berapa jauh?"
Lalu si bapak menjawab dengan senyum simpul sambil memakai helm: "Ya lumayan bu, sekitar 10 km dari sini."

What??!! 10 km!!! rasanya nyaris teriak aku mendengarnya. 10 km naik motor sambil mangku kardus berisi 80 buku tes dan 144 batang pensil serta mengapit 2 map besar berisi JukLak. Dengan posisi duduk miring pula!!! Waduh!!! Alamat 'mati rasa' kaki ku nih. Belum lagi saat itu hujan belum juga mau reda. Makin lengkaplah penderitaanku saat itu.

Benar saja sepanjang jalan perlahan tapi pasti aku mulai kehilangan 'rasa' akan kedua kakiku. Belum lagi tangan kiriku sibuk menahan kardus sementara tangan kanan berpegangan pada sisi motor. Hujan menerpaku dengan derasnya seolah tak memberi ampun. Aku hanya bisa pasrah dan berharap perjalanan ini segera berakhir.

Akhirnya.....setelah 20 menit perjalanan sampailah aku di lokasi. Sekolah bertingkat 2 dengan hamparan sawah di kanan dan kirinya. Fiuuh....benar-benar perjalanan panjang...!!! But i really enjoyed it very well :-)

Benar-benar 'petualangan' penuh perjuangan hehehehehehehehe.......

-rf-

Tidak ada komentar: