Jumat, 25 Februari 2011

BELAJAR UNTUK BERSIKAP ASERTIF

Sering kali saya dihadapkan pada suatu pilihan dalam hidup. Entah itu pilihan dalam pekerjaan, pertemanan, bahkan percintaan *halah*. Kadang pilihan itu gak cuma dua, tetapi tiga bahkan empat. Saya merasakan terkadang saya mengalami kesulitan untuk menentukan pilihan. Utamanya yang berkaitan dengan sikap asertif. Tegas tanpa "menyerang" orang lain.

Saya baru saja menyadari bahwa kesulitan itu menghampiri ketika saya harus bersikap asertif terhadap keluarga atau orang-orang yang sudah saya anggap seperti keluarga. Sepertinya saya melekatkan emosi saya terlalu kuat kepada mereka sehingga hal tersebut menghambat saya untuk bersikap asertif. Kalau kata teman-teman SG saya harus banyak berlatih "detach" dari orang-orang tertentu.

Sebetulnya gak terlalu sulit juga untuk melatih sikap asertif, misalnya dengan mempraktekkan "I" Language. Hmmm...biasanya yang akan muncul di kepala saya ketika hendak mempraktekkan hal ini adalah:"it sounds selfish and it's not good to act selfishly" hufff....that's wrong. Gak selfish kalo gitu mah neng....you just stand for your right and it's oke!

Baiklah...ini sebuah tugas lagi yang harus saya kerjakan. Bismillah aja insyAllah semua akan ada jalannya :-)

Talenta, 26 Peb. 2011
In the middle of one hectic weekend

-rf-

1 komentar:

Dimaz Julio mengatakan...

berikut referensi tentang ber perilaku asertif :
http://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/1240/1/10507299.pdf