Sabtu, 07 Februari 2009

BERDUKA


Duka menurutku adalah perasaan sedih yang mendalam dan terasa sangat menyakitkan. Berduka sendiri di dalam The Handbook of Psychiatry didefinisikan sebagai respon normal ketika kehilangan seseorang yang dicintai akibat kematian. Dalam hidup setiap manusia pasti pernah mengalaminya karena tidak ada satupun manusia di muka bumi ini yang tidak pernah kehilangan seseorang yang berarti dalam kehidupannya. Dan saat ini hal itu tengah terjadi pada diriku.
Kübler-Ross mengatakan terdapat 5 tahapan masa berduka, yaitu :

1. Penyangkalan
Pada tahap ini orang yang berduka akan menyangkal fakta yang terjadi di lapangan dengan menganggap bahwa segalanya baik-baik saja atau mengatakan bahwa hal ini tidak mungkin terjadi pada dirinya.

2. Kemarahan
Setelah menyangkal maka akan timbul rasa marah dan kemarahan ini dapat ditujukan kepada siapa saja. Kemarahan yang timbul biasanya akan bersifat irasional bahkan terkadang berlebihan. Orang yang berduka akan berusaha mencari siapa yang bisa ditimpakan kesalahan atas kehilangan yang dia alami. Dia akan mempersepsikan kehilangan yang dialami sebagai suatu bentuk ketidakadilan.

3. Menimbang/Menawar
Individu akan mulai melakukan panawaran atau berandai-andai atas peristiwa yang terjadi padanya. Mulai ingin bisa mengubah keadaan sesuai dengan keinginannya. Mencoba mengembalikan orang yang dicintai dalam kehidupannya meski sesungguhnya dia tahu bahwa hal tersebut tidak mungkin menjadi nyata.

4. Depresi
Perasaan sedih yang mendalam akan menerpa hingga terkadang individu seperti kehilangan semangat hidup. Cenderung terlarut dengan kedukaan seolah hanya dirinya yang mengalami kesedihan terburuk di dunia ini dan tidak ada yang dapat memahami perasaannya.

5. Penerimaan
Tahapan terakhir adalah penerimaan. Individu yang berduka mulai bisa menerima segala hal yang terjadi padanya dan mulai melanjutkan hidup seperti sedia kala.

Dengan mengetahui tahapan-tahapan dalam berduka, aku berharap hal tersebut dapat membantuku melewatinya dengan lebih mudah setelah kepergian adik lelaki ku Rahardian Rachmat Rizky. Kematian adalah suatu hal yang pasti dan setiap yang bernafas pasti mati. Janji Allah itu pasti….

Wallahu’alam bisshowab…

Bekasi, 8 Feb. 2009
Aku yang berduka
-rf-

2 komentar:

Rijal mengatakan...

Hold up
Hold on
Don't be scared
You'll never change what's been and gone

May your smile
Shine on
Don't be scared
Your destiny may keep you warm

Cos all of the stars
Are fading away
Just try not to worry
You'll see them some day
Take what you need
And be on your way
And stop crying your heart out

Get up
Come on
Why're you scared?
You'll never change
What's been and gone

Cos We're all of us stars
We're fading away
Just try not to worry
You'll see us some day
Just take what you need
And be on your way
And stop crying your heart out
Stop crying your heart out
Stop crying your heart out.

Oasis-Stop Crying Your Heart Out

fitri mengatakan...

Trying my best 2 do so :-)